KELUARGA BESAR SMA CEPIRING....MENGUCAPKAN

KELUARGA BESAR SMA CEPIRING....MENGUCAPKAN

18 February 2007

Pendaftaran Online UNNES


Assalamualaikum wr. wb.
Tanpa terasa waktu 3 tahun berlalu begitu saja, tidak ada lagi anak SMP dengan rok dan celana pendek biru itu, tapi yang ada adalah gadis cantik dengan segala pernak-pernihnya dan cowok ganteng dengan segala pesonanya, waktu 3 tahun di SMA Cepiring sudah hampir berakhir, tinggal menunggu saat-saat akhir yang mendebarkan.
Siswa kelas XII dengan segala kegalauan yang ada pada dirinya mencoba mengeliat dengan segala usaha atau bahkan malah masa bodo dengan keadaan dan masa depannya, tauk dah..., mbak porah. toh massa depan masing-masing yang akan menjadi taruhannya. semua kembali pada kepentingan dan tanggung jawab masing-masing, tidak kurang sebagai orang tua, semua guru dan pamong di SMA cepiring telah mencoba seoptimal mungkin untuk memberikan bekal bagi kelanjutan mereka baik di jentang perguruan nanti, maupun di lapangan kerja , jika memang diinginkan untuk itu.
Beberapa siswa kelas XII dengan segala harapan yang mungkin akan mereka dapatkan mencoba mengais kesempatan ini dengan mendaftar pada sebuah perguruan tinggi negeri di semarang, yang memang dari pengalaman sekolah merupakan kampus dengan kontribusi penerimaan mahasiswa dari SMA Cepiringpaling besar. terutama untuk tahun-tahun belakangan ini.
Untuk spmu (jalur penerimaan mahasiswa baru melalui sekolah) tahun ini terdapat 39 orang siswa yang mempercayakan pendaftarannya melalui sekolah. dan dari jurnal spmu terlihat bahwa SMA Cepiring berada pada urutan ke 5 dari semua SMA di kabupaten kendal, jumlah pendaftar keseluruhan dari SMA Cepiring adalah 42 orang.
Namun sangat disayangkan bahwa pendaftaran untuk tahun ini kurang koordinasi dan informasi sehingga sebagian pendaftar terakumulasi pada jurusan yang sama, yaitu PGSD. Tanpa mengecilkan peluang kerja dari lulusan PGSD yang memang saat ini sedang dibutuhkan dalam jumlah besar, namun dalam penerimaan ini perlu juga dipikirkan tentang kemungkinan masuk dilihat dari jumlah pendaftarnya, jumlah pendaftar untuk PGSD sampai penutupan adalah 3339 orang pendaftar yang terdiri dari pendaftar pilihan pertama 2162 orang dan pemilih pilihan ke dua pada angka 1177, padahal mahasiswa yang akan diterima hanya 40 orang, ini berarti perbandingan pendaftar dan diterima adalah 1:84, artinya bahwa 1 orang peserta harus mengalahkan 83 orang rekan lainnya..., mampu gak ya..., siswa SMA cepiring bertarung dengan kondisi seperti itu....
Sementara terdapat jurusan-jurusan lain yang pendaftarnya sangat minim, yang itu artinya kesempatan untuk diterima juga semakin besar..., kenapa ga ngambil jurusan yang memiliki peluang lebih besar tersebut.

No comments: